Friday, March 15, 2013

Marc Marquez Semakin Eksis...

Marc Marquez yang tengah mendapat sorotan di dunia balap motogp, telah menuntaskan sesi tes-nya di sirkuit baru, yaitu Circuits of The Americas (COTA) atau Austin Sirkuit. Hasilnya, fantastis... Marc Marquez sukses menyapu bersih tes uji coba privat di Austin, Texas. Pembalap Repsol Honda ini kembali menjadi yang tercepat sejak sesi awal hingga sesi terakhir...fantastis. Pembalap muda yang baru berusia 20 tahun ini berhasil membuat kejutan bagi banyak pihak. Selain Pihak Honda Factory Corporation sendiri, juga semua pembalap di kelas para raja tentu saja dibuat terheran-heran.

Austin merupakan sirkuit baru, para pembalap belum ada yang familiar dengan karakter sirkuit ini, namun Marc berhasil mencatatkan hasil tercepat, bahkan mengalahkan catatan waktu Dani Pedrosa, seniornya di Honda Repsol Team dan Jorge Lorenzo, rider andalan Yamaha saat ini. Bagi Marc, Sirkuit Austin merupakan trek yang sangat menyenangkan. Marquez sendiri berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 2 menit 3,281 detik dengan 60 laps. Sementara itu, Dani Pedrosa yang hanya mampu mencatatkan waktu 2 menit 3.898 detik dengan 24 laps. Sedangkan, di posisi ketiga ada Stefan Bradl yang disusul oleh Blake Young dari Attack-Kawasaki CRT.

Tentu saja Marquez merasa sangat senang dengan hasilnya tersebut. Bagaimana tidak, minimal dia sedikit paham dengan karakteristik sirkuit Austin yang menjadi bagian dari sesi pembuka balapan motogp setelah motogp Qatar dan Jerez digelar. Menurut Marquez, catatan waktu yang gemilang ini diperoleh dari usaha mencoba beberapa pengaturan teknis hingga menemukan beberapa perbaikan besar. Menurut Marquez, pada bagian pertama lintasan, di mana ada bagian yang mengalir, merupakan trek yang cukup sulit dan merupakan bagian dari lintasan yang mana anda harus menggunakan banyak tenaga untuk mengubah arah motor dengan cepat. Ini jelas menjadi kunci dari lintasan. Kemudian ada tiga right-handers, semua terhubung secara bersamaan, membuat sangat sulit untuk menemukan garis race line yang ideal. Marc Marquez lebih fokus pada mencoba mencari dan menemukan race line secara terus-menerus daripada mencoba beberapa setingan pada motor. Setelah itu, Marc baru fokus untuk beradaptasi dengan bagian gear dan elektronik Luar Biasa...

Hasil tes privat di hari terakhir:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 3.281s (60 laps)
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 3.898s (24)
3. Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V) 2m 4.225s (43)
4. Blake Young USA Attack Performance (Attack-Kawasaki CRT) 2m 12.186s (42)

Hasil tercepat di hari kedua:
Marc Marquez ESP Repsol Honda 2m 3.853s

Hasil tercepat di hari pertama:
Marc Marquez ESP Repsol Honda 2m 4.619s

No comments:

Post a Comment