Saturday, March 16, 2013

Pentingnya Tes di Sirkuit Austin

Lorenzo Ingatkan Pebalap yang Tidak Latihan di Austin
Juara dunia MotoGP 2012 Jorge Lorenzo mengatakan bahwa tim dan pebalap yang tidak mengambil kesempatan pada sesi latihan resmi di Sirkuit Austin, Texas, AS akan menuai kerugian. Lorenzo berseru, sebagai arena baru sepantasnya setiap tim ikut mencoba Sirkuit Austin. Terlebih sirkuit sepanjang 5,5 km ini memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan sirkuit-sirkuit lain di dunia.

Dalam sesi ini praktis hanya dua tim barikan yang ambil bagian, yaitu Yamaha dan Honda, serta tim LCR Honda. Lima pebalap tercatat mengikuti, yaitu Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Stefan Bradl. Dalam dua hari sesi latihan yang telah dijalani, semua pebalap mengaku kesulitan memahami garis lintasan sirkuit lebar ini. Lorenzo bahkan memberi catatan bahwa sirkuit Austin membutuhkan waktu agak panjang agar bisa dimengerti setiap pebalap. 

“Saya pikir penting bagi setiap pebalap dan tim datang ke sini (Austin) untuk mempelajari lintasan,” kata Lorenzo. “Saya sendiri belum bisa 100 persen menguasai lintasannya. Saya masih butuh banyak putaran untuk memahami garis lintasannya.” Ketika pertama kali mencoba putaran di sirkuit Austin, Lorenzo menghabiskan waktu hampir 3 detik lebih lambat dari catatan terbaik yang akhirnya berhasil dibukukan.

“Saya kira waktu tiga sampai empat kali latihan di sirkuit ini di jelang balapan belum tentu cukup untuk bisa memahami karakternya. Karena itu, beberapa pebalap yang tidak ambil bagian di sesi latihan ini akan mengalami sedikit masalah nantinya.”

Sumber:  Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com

 

No comments:

Post a Comment