Sunday, April 7, 2013

Prediksi Juara MotoGP Losail, Qatar 2013

Beberapa menit kedepan, perhelatan akbar motogp seri pamungkas segera dimulai. Hasil kualifikasi menunjukkan kalau Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat, Juara bertahan Jorge Lorenzo mencatatkan waktu terbaik dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar. Pebalap Yamaha itu pun akan mengawali balapan pembuka MotoGP 2013 dari posisi terdepan. Hasil kualifikasi ini sedikit diluar bayangan jika dibandingkan dengan hasil tes practice 1, 2, dan 3.

Dalam sesi kualifikasi, Minggu (7/4/2013) dinihari WIB, Lorenzo membukukan waktu 1 menit 54,714 detik yang merupakan waktu terbaik dalam sesi ini. Sementara itu, Cal Crutchlow dari Yamaha Tech 3 mencatatkan waktu terbaik kedua di sesi ini, diikuti oleh Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang musim lalu bersaing dengan Lorenzo dalam perebutan gelar juara.

Luar biasa, Pembalap Ducati Andrea Dovizioso sementara itu mencatat waktu terbaik keempat, diikuti oleh Stefan Bradl (Honda LCR), dan Marc Marquez yang membela Repsol Honda. Sedangkan Valentino Rossi yang musim ini kembali membela Yamaha, setelah dua musim mengecewakan di Ducati, harus puas dengan posisi start tujuh, terpaut 0,997 detik dari rekannya, Lorenzo.

Berdasarkan hasil kualifikasi diatas, kemungkinan besar battle tahun 2012 akan terjadi lagi, yaitu antara Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Cal kemungkinan akan dapat di overtake Dani pada posisi jumping start. Sementara prediksi banyak orang, sepertinya juga akan terjadi, yaitu duel dua generasi, antara Marc Marquez dan Valentino Rossi. Sementara itu, Andrea Dovizioso seperti biasa diprediksi akan bersaing ketat dengan mantan rekan satu timnya, yaitu Cal Cructhlow..

Lantas siapa prediksi juara Losail, Qatar, 2013? Dari sisi konsistensi, Lorenzo dan Pedrosa sama-sama memiliki konsistensi dan fokus di lintasan yang sama. Saat ini pun Dani telah terbiasa dan berpengalaman menghadapi Jorge Lorenzo secara head to head. Performa motor YZR-M1 nampaknya sedikit bersahabat dengan karakter track dibandingkan dengan RC213V. Tapi sekitar 25% dari lintasan adalah track lurus yang menjadi andalan RC213V. Tampaknya sulit untuk memprediksi siapa yang akan keluar sebagai juara Losail, Qatar 2013. Admin sendiri lebih cenderung memilih Lorenzo yang lebih berpeluang menjadi juaranya. Alasannya: Lorenzo pernah menaklukkan Qatar dan merebut tahta Qatar dari tangan Stoner, Lorenzo lebih konsisten sepanjang sesi free practice 1, 2, dan 3, serta di event kualifikasi. Tampaknya dua faktor itu saja yang membuat saya percaya diri Lorenzo akan keluar menjadi pemenangnya.

Diluar itu semua, segala sesuatu bisa terjadi, bahkan yang diluar bayangan kita sama sekali. Kita lihat saja hasilnya dini hari nanti. Salam motogp...

No comments:

Post a Comment