Tuesday, March 12, 2013

MotoGP Berlakukan Penalti Bagi Pembalap 'Nakal'


MotoGP nampaknya ingin para pembalap lebih disiplin dan bermain jujur. Baru-baru ini MotoGP mengumumkan akan memberlakukan peraturan baru mulai 2013. Mereka menetapkan hukuman penalti dengan sangsi hukuman bagi pembalap yang melanggar.

Penalti ini akan diberikan pada pembalap yang melakukan aksi membahayakan bagi pembalap lainnya. Penalti ini dibuat dengan sistem poin dari satu sampai sepuluh dan pemberian hukuman untuk batas poin tertentu. Pembalap akan mendapat poin penalti ini jika mereka melakukan pelanggaran seperti menyerang pembalap lainnya.

"Memang ada kebutuhan untuk mengatasi masalah pembalap yang terus-menerus diingatkan atau dihukum karena melakukan penyerangan serius seperti penyerangan dan lain-lain," bunyi pernyataan MotoGP. "Untuk menyelesaikan masalah ini kami memberlakukan sistem baru poin penalti."

Bagi pembalap yang mendapatkan poin penalti 4 maka sebagai hukumannya ia harus start paling belakang di balapan selanjutnya. Sedangkan yang mendapat 7 poin harus memulai balapan dari pit lane. Kemudian untuk pembalap yang mendapat poin 10 maka akan didiskualifikasi dari balapan selanjutnya. Selain itu, rekor pembalap tersebut juga akan dihapus dan harus memulai dari awal. (wk/rs)

No comments:

Post a Comment