Saturday, March 9, 2013

Italiano Vs Americano

Sumber: motogp.com
Kubu Ducati, baik di tim utama maupun di tim satelit, kini diisi oleh 4 rider besar motogp. Mereka adalah Andrea Dovizioso, Nicky Hayden, Ben Spies dan Andrea Ianonne. Ben Spies dan Nicky Hayden berasal dari Amerika, sementara Andrea Ianonne dan Andrea Dovizioso berasal dari Italy, yang mana merupakan markas Ducati itu sendiri. Semua rider Ducati saat ini dibekali dengan motor yang sama, sehingga persaingan di lintasan nanti sangat mungkin terjadi diantara para pembalap Ducati itu sendiri. Hal ini terutama terkait dengan performa Ducati yang belum bisa menyamai Honda dan Yamaha yang dipastikan bakal menaruh para ridernya di grid depan seperti Rossi, Lorenzo, Pedrosa dan Marquez.

Dovi yang baru tahun ini membalap dengan Ducati tentu tidak sebaik Hayden yang telah lama dan mungkin sudah terbiasa dengan keliaran Ducati. Namun demikian, daya adaptasi Dovi dinilai sangat baik ketika mulai menunggangi motor ini. Sementara itu, Ben Spies dan Andrea Ianonne juga baru tahun ini merasakan motor Ducati, sehingga Nicky Hayden-lah rider yang memiliki pengalaman lebih di kubu Ducati. Namun fakta berbicara lain, Dovi sudah mengantongi kontrak selama 2 tahun penuh hingga 2014 dengan Ducati, sementara 3 pembalap lain kontraknya masih 1 tahun atau hanya hingga 2013.

Beranjak dari hal diatas, maka Dovi sedikit bisa bernafas lega karena kontraknya lebih panjang dari rider Ducati lainnya. Namun berbeda dengan rider lainnya, mereka bertiga tentu harus bisa membuktikan siapa yang terhebat agar tahun depan bisa masuk atau mempertahankan posisinya di tim utama. Selama perjalanan musim balap tahun 2012, kita telah sama-sama melihat performa Ben Spies dan Nicky Hayden, keduanya pun kita sudah ketahui gaya/cara membalap-nya. Berbeda dengan Ianonne, gaya balap yang agresif tampaknya bisa mengantarkan dia ke posisi yang lebih baik, bahkan sangat mungkin Ianonne masuk tim utama manakala ia bisa mengasapi rekan satu timnya Spies atau Hayden di lintasan nanti.

Yupz..Ducati sepertinya sedang memformat ulang rider andalannya untuk tahun depan. Format harmonis mungkin akan tercipta manakala Ducati yang bermarkas di Italy juga dipunggawai oleh rider-ridernya dari Italy pula. Namun semua tentu hanya perkiraan saja, jika Spies atau Hayden menakjubkan di lintasan, tentu Ducati akan memilih salah satu dari mereka. Ianonne sendiri sangat spesial, ia seperti Rossi muda yang membalap dengan sangat agresif meskipun pada saat-saat tertentu tidak fokus dan berujung gagal finish. Namun karir balap Ianonne tentu masih lebih panjang jika dibandingkan dengan Hayden atau Spies. So, Italiano atau Americano yang akan mengisi line up utama Ducati musim depan? Kita tunggu sama-sama...

No comments:

Post a Comment