Friday, March 8, 2013

Menanti Seri Perdana MotoGP Qatar 2013

International Losail Circuit of MotoGP
Kesiapan Sirkuit Qatar 2013
Memasuki tahun kesepuluhnya dalam menggelar balap MotoGP, sirkuit Qatar menambah jumlah kapasitas penonton sebanyak 2500 orang. Presiden Qatar’s Motor Sports Association QMMF Nasser Khalifa Al-Attiyah mengatakan, akan melakukan sejumlah penambahan kapasitas penonton dan perbaikan hingga pemudahan akses antar tribun. “Di tribun baru bisa menampung 2500 penonton. Kami akan memperbarui kursinya (di tribun utama) sebanyak 7500 buah, sehingga total kapasitas penontonnya meningkat jadi 8000. Sirkuit yang dibangun pada tahun 2003 itu telah menelan dana hingga 75 juta US$. Kemudian pada 2004 baru pertama kali menyelenggarakan MotoGP.

Bicara tentang motogp sepertinya tidak ada habis-habisnya. Dunia balap motogp selalu dipenuhi dengan atmosfir persaingan antara para rider motogp, antara para konstruktor/tim pabrikan, bahkan antara teknologi Asia vs teknologi Eropa. Selain itu, selalu ada perkembangan baru di dunia motogp, para pembalap baru yang baik kelas, teknologi baru pada motor yang dipakai, sirkuit baru, persaingan baru, dll.

Salah satu daya tarik utama motogp adalah atmosfir persaingan yang semakin kental diatara para pembalapnya, terutama para pembalap yang menjadi punggawa di tim pabrikan utama. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi akan membela Tim Yamaha dengan YZR-M1 nya, sementara Dani Pedrosa dan Marc Marquez akan membela Honda Repsol Tim dengan kuda besutannya Honda RC213V. Ducati sendiri akan dibawa oleh Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden, namun persaingan ketat diprediksi akan terjadi antara Honda dan Yamaha sebagaimana kita ketahui di musim-musim balap sebelumnya, kedua tim ini saling berebut untuk menjadikan ridernya Juara Dunia MotoGP.

Bicara teknologi motor, Honda dan Yamaha sepertinya yang paling siap untuk show off di sesi Qatar April mendatang. Honda dan Yamaha terus meningkatkan performa motornya melalui pengembangan teknologi yang dibenamkan di motornya. Hal ini terlihat dari hasil selama sesi latihan di Sepang bulan lalu, dimana Honda masih mendominasi hasil tercepat disusul oleh Yamaha dengan perbedaan waktu yang tidak terlalu jauh. Dari hasil tes tersebut, secara umum, Dani Pedrosa menjadi pembalap tercepat, disusul Lorenzo, Rossi dan Marquez.

Jika berpijak dari hasil sesi latihan tersebut, maka prediksi untuk balapan di Losail pada 7 April mendatang tampaknya tidak akan jauh berbeda, grid depan diprediksikan akan menjadi milik the fantastic four, yaitu Lorenzo, Pedrosa, Rossi dan Marcquez. Persaingan akan sangat ketat antara Pedrosa dan Lorenzo, sementara Rossi bisa jadi akan adu cepat dengan Marc. Luar biasa, Marc Marquez kini bisa adu balap dengan idolanya sendiri, yaitu Rossi.

Lalu bagaimana dengan nasib Ducati? Ducati sepertinya akan berkompetisi di grid kedua, bersama duo tim Yamaha Monster Tech 3, dan bersaing dengan sesama pembalap Ducati sendiri. Hal ini sangat mungkin terjadi karena spesifikasi motor di tim utama sama dengan spesifikasi motor di tim satelit, sehingga Dovi, Hayden, Spies dan Ianonne akan memiliki motor yang sama. Ini adalah kebijakan baru di Ducati sejak Ducati diakuisisi oleh Audi.

No comments:

Post a Comment