Saturday, March 9, 2013

Menunggu Aksi Marc Marquez Musim Balap MotoGP 2013

Oleh: Heri


Kehadiran Marc Marquez di tim Repsol Honda sebagai penganti Casey Stoner. Memang begitu menjanjikan kalau melihat faktanya, berbekal Juara dunia moto2 2012 muda, bertalenta, enerjik, skill tinggi, agresif, kontroversial dan bergabung dalam tim elit/Pabrikan membuatnya layak untuk kita tunggu. 
Kita akan melihat aksi yang sensasional, dimana Marquez akan bersaing dengan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa. dan ditambah pembalap senior lainnya.
Sebagai calon bintang Tim Repsol tentunya Marquez akan mendapatkan fasilitas apa pun. dan diprediksi akan menjadi pembalap termuda Spanyol yang akan menjuarai MotoGP.
Dengan usia yang baru 19 tahun peluang itu sangat memungkinkan untuk menjadi pembalap besar Repsol Honda berikutnya, seperti Casey Stoner, Michael Doohan dengan multi title-nya. dan Marquez adalah satu-satunya pembalap saat ini yang berpotensi mendekati, menyamai rekor-rekor Valentino Rossi. Walaupun prediksi untuk itu sudah pernah saya tulis sebelumnya dalam tulisan saya yang lain DISINI yang kalau menurut saya sepertinya berat buat Marquez untuk mencapainya.
Berikut komentar Steve Parrish, komentator BBC :
“Di musim pertamanya mungkin masih ada kendala, tapi ia akan sering mewarnai podium. Ia punya kecepatan. Ia akan jadi pembalap top berikutnya,”

Sementara Max Biaggi juga turut memberi komentar sbb :
“Marquez berbeda. Jaman sekarang sulit menemukan pembalap yang bisa menang dalam debut pertamanya, seperti yang saya alami 1998. Dengan bakat besar dan dukungan timnya, saya kira Marquez bisa melakukan hal itu musim depan,”

Marquez sang anak ajaib atau matador muda kelahiran 17 Februari 1993 itu sendiri merasa tak punya kendala besar saat pertama coba motor MotoGP, Ia hanya perlu menyesuaikan karakter power dan hendling  karena teknologi yang sangat berbeda. Juga kapasitas lebih besar 400 cc dari Moto2.
Christian Gabbarini, mantan kepala mekanik Stoner, juga turut mengomentari :
“Anak ini pintar. Saya melihat tak ada problem serius saat beradaptasi dengan teknologi dan atmosfer MotoGP. Di luar lintasan ia seperti anak-anak yang polos. Tapi, begitu balapan segalanya berubah, ia sangat fokus pada target,”

Gabbarini yang kini membawahi kepala mekanik bawaan Marquez dari Moto2.
Jadi dengan ramainya pemberitaan akan kehebatan sang anak ajaib, Marquez memang layak ditunggu. Ia akan jadi bintang di antara pertempuran Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa.
Salah satu Indikasi pertama sempat diperlihatkan Marquez saat tes resmi Honda di Sirkuit Sepang bulan lalu, di mana ia mengalahkan Alvaro Bautista yang juga mengusung RC213V protitipe 2013…dan berikut kesan Marquez :
“Saya sudah dapat irama dengan pacuan ini. Dari satu putaran ke putaran berikutnya catatan waktu membaik. Hanya perlu lebih banyak lagi mencobanya, supaya lebih kenal,”

Semoga saja kita benar benar bisa melihat kebintangan dari seorang Marc Marquez pada musim balap tahun depan.
Borneo 30 Desember 2012

No comments:

Post a Comment